Guru Besar Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Menjadi Narasumber pada Sharing Ilmiah di Program Pascasarjana Universitas Syah Kuala

[5 November 2022] Guru besar Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB), Prof. Dr. Ir. Lilik Sutiarso, M.Eng. menjadi narasumber pada acara sharing ilmiah yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Universitas Syah Kuala. Pada acara yang diikuti oleh mahasiswa pasca sarjana Universitas Syak Kuala Banda Aceh, Prof. Lilik menyampaikan tema “Transisi Teknologi Digital dalam Sistem Pertanian untuk Mendukung Sustainable Environment”. Sharing ilmiah ini dipandu oleh moderator Dr. Ichwana, ST., MP. Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Ketua Satuan Penjaminan Mutu Program Pascasarjana Universitas Syah Kuala, Aceh.

Sharing Ilmiah Program Pascasarjana Universitas Syah Kuala



Prof. Lilik mengatakan bahwa dasar dari teknologi 4.0 adalah manusia, sehingga teknologi yang dikembangkan didasarkan pada pengetahuan manusia dan sesuai dengan sifat manusia yang ingin berbagi yaitu teknologi digital. Di Indonesia, sistem pertanian sangat bervariasi baik secara alamiah maupun sosial budaya sehingga pengenalan teknologi maupun pengembangan model untuk pertanian tidak dapat dirampatkan (generalize). Oleh karena itu dalam pengembangan teknologi digital perlu dimasukkan unsur sosial budaya masyarakat.

Sharing Ilmiah Program Pascasarjana Universitas Syah Kuala

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.