tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Kunjungan Lapangan Surabaya-Bali Permateta 2011
November 23, 2011
0

 

Perhimpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (Permateta) Fakultas Teknologi Pertanian UGM menyelenggarakan kunjungan lapangan di wilayah Jawa Timur  dan Bali. Acara ini dilaksanakan tanggal 17-19 November 2011 dan diikuti oleh 31 Mahasiswa serta 4 Dosen pendamping. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih menambah wawasan dan  pengetahuan penerapan keilmuan teknik pertanian di lapangan, khususnya dalam lingkup agroindustri. Selain kunjungan industri, rombongan juga melakukan kunjungan persahabatan ke Jurusan Teknik Pertanian Universitas Udayana Bali. 

Kunjungan dimulai di PT Indofood CBP Sukses Makmur yang merupakan anak perusahaan PT Indofood sukses Makmur Tbk. Pada kunjungan ini mahasiswa menyaksikan pengolahan mie instan mulai dari pencampuran tepung terigu bersama bahan lainnya menjadi adonan, pengeritingan mie hingga pengemasannya. Selanjutnya acara diskusi diisi dengan tanya jawab seputar keamanan pangan, substitusi tepung terigu, penanganan limbah, dan sebagainya yang mencakup proses produksi hingga distribusi. Kunjungan kedua adalah di PT Amerta Indah Otsuka yang merupakan produsen minuman isotonik. Rombongan diterima di ruang aula  dan dijelaskan tentang berbagai macam teknologi yang digunakan dalam pembuatan minuman isotonik tersebut. Dalam produksi minuman isotonik ini hampir seluruh proses produksi dilakukan secara otomatis menggunakan mesin baik dalam pembuatan maupun pernyortiran.
Hari berikutnya rombongan rombongan mengunjungi Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana. Penyambutan dilakukan oleh dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Ketua Jurusan Teknik Pertanian, dan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (Himatepa) beserta teman – teman dari UDAYANA yang lain bertempat di gedung Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana yang berlokasi di kawasan kampus Bukit Jimbaran Bali. Acara dilanjutkan dengan diskusi kedua himpunan mahasiswa dan kunjungan laboratorium. Dalam diskusi ini dibicarakan berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh masing – masing himpunan mahasiswa mulai dari kegiatan yang bersifat akademis hingga kegiatan yang bersifat sosial. Acara diakhiri dengan pemberian kenang – kenangan.

Hari terakhir diisi dengan kunjungan ke UD Sila Artha yang berlokasi di Bedugul. UD Sila Artha merupakan perusahaan agrobisnis dengan produk utama hortikultura yang telah dipasarkan ke supermarket dan hotel di seluruh Bali. UD Sila Artha juga tengah mengembangkan agrowisata dengan bekerjasama dengan FTP Unud dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan.  Di lokasi ini mahasiswa melihat teknologi greenhouse, hidroponik, irigasi tetes, dan sebagainya.
Rangkaian kunjungan ini telah memberikan manfaat berupa pengenalan industri yang merupakan penerapan ilmu teknik pertanian. Di samping itu terjalin keakraban antar mahasiswa maupun antara mahasiswa dengan dosen. Akhrinya kunjungan ini diharapkan bisa menjadi motivasi mahasiswa untuk lebih berkembang membangun dunia teknik pertanian di Indonesia.
 

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.