tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Kuliah Tamu tentang Renewable Energy for Sustainable Development oleh Patrick van Schijndel
August 15, 2017
0

Upaya untuk menyelenggarakan kuliah tamu dengan pembicara bereputasi Internasional senantiasa dilakukan oleh Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB), Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Pada hari Senin (14 Agustus 2017), DTPB berkesempatan untuk mengundang Patrick van Schijndel yang merupakan researcher dari Technische Universiteit Eindhoven (TU/e).

Kuliah Tamu oleh Patrick van Schijndel dari TU/e

Patrick van Schijndel memberikan kuliah umum untuk mahasiswa S1 tentang “Renewable Energy for Sustainable Development”. Mahasiswa diajak untuk berdiskusi tentang fenomena peningkatan jumlah penduduk dunia yang menyebabkan negara-negara mengembangkan berbagai sektor industri untuk memenuhi kebutuhan hidup penduduk sehingga berujung pada peningkatan kebutuhan energi. Sumber utama pemasok kebutuhan energi saat ini, yaitu minyak dan gas, memiliki berbagai dampak negatif terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, diperlukan kajian mengenai sumber-sumber energi terbarukan (renewable energy) yang dapat digunakan untuk mendukung pembangunan secara berkelanjutan (sustainable development) tanpa menyebabkan kerusakan lingkungan.

Sesi Diskusi dan Tanya Jawab
Sesi Diskusi dan Tanya JAwab

Kuliah diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab tentang perkembangan industri pertanian di Indonesia saat ini, dampaknya terhadap lingkungan, serta potensi pengembangan renewable energy di Indonesia di masa yang akan datang.

Kontributor: Yudha Dwi Prasetyatama

comments