tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Rintisan Kerjasama dengan Nong Lam University Vietnam
November 24, 2017
0

Dalam Bahasa Vietnam, nong berarti pertanian dan lam berarti kehutanan. Nong Lam University menurut sejarahnya didirikan sebagai lembaga pendidikan tinggi pertanian dan kehutanan. Saat ini Nong Lam University yang berada di kota Ho Chi Minh Vietnam telah membuka berbagai fakultas dan menjadi salah satu universitas terkemuka di Vietnam.

Diantara beberapa fakultas di Nong Lam University terdapat Faculty of Environment and Natural Resources serta Faculty of Engineering and Technology. Faculty of Environment and Natural Resources akhir-akhir ini mengembangkan riset tentang penanganan limbah padat maupun cair, desain lansekap, kualitas air,  pengelolaan daerah aliran sungai, dan lain-lain. Faculty of Engineering and Technology saat ini melakukan riset mengenai energi dari biomassa, manajemen alat mesin pertanian, alat mesin pasca panen khususnya beras dan sebagainya. Dengan memperhakan fokus riset kedua fakultas tersebut, maka Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) Universitas Gadjah Mada memandang perlu untuk menjalin kerjasama dengan Nong Lam University. Rintisan kerjasama dilaksanakan dengan mengunjungi Nong Lam University pada tanggal 22-23 November 2017. Kunjungan tersebut dipimpin ketua Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Prof.  Bambang Purwantana didampingi 4 dosen yaitu Prof. Lilik Sutiarso, Prof. Sigit Supadmo, Prof. Sahid Susanto, dan Dr. Murtiningrum.

Kerjasama dengan universitas di Vietnam direncanakan bukan hanya kerjasama dua perguruan tinggi, melainkan diperluas dalam suatu aliansi kerjasama. Untuk itu turut hadir dalam kunjungan rintisan kerjasama ini Departemen Teknik Pertanian Universitas Padjadjaran Bandung dan Delartemen Tekni Pertanian Universitas Jenderal Soedirman yang akan menjadi mitra dalam aliansi.

Gerbang Nong Lam University

Kerjasama nantinya akan didahului dengan penandatanganan kesepahaman. Bentuk kerjasama yang akan dikembangkan meliputi pertukaran mahasiswa dan dosen, program joint degree atau dual degree untuk master, kolaborasi riset, kuliah tamu, dan seminar bersama.

Kontributor: Murtiningrum, Lilik Sutiarso

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.