[:id]Mahasiswa Teknik Pertanian Teliti Thigmomorphogenesis karena Metode Irigasi Tetes dan Kabut pada Tanaman Sayuran Umbi[:en]Kelompok Mahasiswa Teknik Pertanian Meneliti Thigmomorphogenesis karena Metode Irigasi Tetes dan Kabut pada Tanaman Sayuran Umbi [:]

Kelompok Mahasiswa Teknik Pertanian meneliti efek rangsangan fisik atau thigmomorphogenesis yang ditimbulkan oleh irigasi tetes dan irigasi kabut terhadap tiga tanaman. Kelompok mahasiswa ini terdiri dari Wilda Monicha Mukti, Yubelia Agasa, dan Tiana Nur Annisa dari Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian serta Ana Rizkita dari Program Studi Agronomi Fakultas Pertanian. Penelitian dilakukan dalam rangka Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kategori penelitian saintek (RE). Penelitian dilaksanakan dibawah bimbingan Dr. Murtiningrum, Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB).

Kelompok PKM-RE Thigmomorphogenesis

Menurut Wilda, penelitian ini dilakukan dengan menanam 3 komoditas sayuran umbi yaitu bawang merah, ubi, dan bengkoang dalam root-window tipe rhizobox. Ketiga jenis tanaman tersebut menerima perlakuan pemberian air irigasi dengan  sistem kabut yaitu semprotan halus yang diterapkan di atas canopy tanaman dan irigasi tetes yaitu meneteskan air di sekitar akar tanaman. Volume air irigasi yang diberikan tiap perlakuan sama untuk menjaga lengas tanah selalu dalam kondisi kapasitas lapang sehingga perbedaan perlakuan hanya pada cara memberikan air saja.

Pengukuran Kedalaman Akar dalam Root Window

Penelitian dilakukan di lahan pertanian Desa Maguwoharjo selama bulan Juli dan Agustus 2021. Parameter yang diukur setiap hari meliputi kedalaman akar, jumlah daun, tinggi tanaman sedangkan pada saat panen parameter yang diukur adalah berat bagian tajuk dan berat bagian akar baik pada saat panen maupun setelah dikeringkan. Hasil penelitian diharapkan akan memberikan masukan cara pemberian air irigasi yang lebih menguntungkan pada budidaya tanaman umbi.

 

Kontributor: Wilda –  Yubel – Tiana

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.